Rekomendasi Ide Bisnis Untuk Anak Kuliahan

Rekomendasi Ide Bisnis Untuk Anak Kuliahan

Siapa nih diantara kalian yang masih duduk di bangku perkuliahan namun ingin mendapatkan uang tambahan? Ya, seperti yang kita ketahui, masa perkulian merupakan masa dimana kita tak hanya dituntut untuk mampu berfikir kritis saja, melainkan juga harus dapat hidup dengan mandiri.

Adapun salah satu cara yang banyak dilakukan mahasiswa untuk menjadi lebih mandiri adalah dengan mulai untuk membuaka usaha walaupun masih tergolong kecil-kecilan. Yup, benar sekali. Dengan melakukan bisnis, mahasiswa juga sudah dapat mulai mempersiapkan masa depan dan yang lebih penting dapat menambah pemasukan uang saku.

Lantas, apa saja sih ide usaha yang dapat dilakukan buat kamu yang masih berstatus sebagai mahasiswa? Penasaran apa saja? Tapi sebelum itu kamu juga bisa sambil mendengarkan musik atau lagu chord pingal ketika menyimak ulasan ini. Yuk langsung simak penjelasan berikut ini.

Rekomendasi Ide Bisnis Untuk Anak Kuliahan

1. Jual Camilan

Ide bisnis pertama yang cocok buat kalian yang masih menjalani status mahasiswa adalah dengan menjual cemililan atau makanan ringan.

Adapun rekomendasi cemilan yang dapat kalian jual yakni kentang goreng, bakso goreng, makaroni pedas, seblak, bakso aci, dan sebagainya. Hal inilah yang harus Anda lihat sebagai peluang untuk menjalankan sebuah bisnis.

Nantinya kamu dapat menjual camilan ke teman sesama mahasiswa dan menerapkan sistem pre-order untuk meminimalisir potensi kerugian.

Apabila kamu menjadi suppliernya sendiri, maka kamu dapat menjualnya langsung kelingkungan kampus, atau dapat juga melalui marketplace yang sedang trend saat ini.

Kamu juga bisa membuat sebuah grosir kecil-kecilan dan menjualnya kembali dengan harga yang Anda tetapkan sesuai dengan daya beli konsumen Anda. 4. Bisnis Mahasiswa Jasa Penerjemah

2.  Jasa Penerjemah

Ide bisnis berikutnya adalah dengan membuka jasa layanan untuk penerjemah. Ide ini dinilai dapat mendatangkan keuntungan yang tak sedikit,lho.

Untuk itu, buat kamu yang saat ini sedang menempuh pendidikan dan mengambil jurusan bahasa asing, maka ide ini cocok banget buat kamu.

Selain dapat menambah uang saku, kamu juga dapat sembari mengasah kemampuan bahasa asing kamu agar menjadi berkembang. Bagaimana? Merasa tertarik?

3. Bisnis Mahasiswa Jasa Desain

Selain menjadi seorang penerjemah, kamu juga dapat membuka usaha jasa desain, lho. Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini desain menjadi salah satu jasa yang sangat dibutuhkan untuk berbagai jenis   usaha dan event sehingga membuka peluang untuk dijadikan sebagai sumber uang saku tambahan.

Selain itu, ide bisnis yang satu ini juga bisa dilakukan secara online, sehingga lebih mudah untuk beroperasi. Namun, sebelum membuka bisnis yang satu ini, pastikan dulu kamu sudah dibekali dengam kemampuan editing minimal untuk photoshop dengan baik ya.

4. Jasa Fotografi dan Videografi

Ide bisnis berikutnya yang juga dapat kalian lakukan adalah dengan membuka jasa fotografi dan juga videografi. Perlu kalian ketahui bahwa peluang untuk bisnis jasa fotografi dan videografi kian terbuka lebar karena saat ini banyak dibutuhkan, baik untuk acara-acara resmi seperti pernikahan dan wisuda, maupun untuk kebutuhan bisnis seperti foto produk dan video promosi.

Modal yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha ini adalah kamera dan laptop untuk kebutuhan editing. Jika Anda belum memiliki keduanya, Anda bisa mencoba dulu dengan menggunakan handphone karena saat ini banyak tersedia handphone dengan kamera yang tidak kalah bagusnya dengan kamera digital. Untuk kebutuhan editing, Anda dapat menggunakan aplikasi-aplikasi editing yang tersedia.

5. Bisnis Mahasiswa Jasa Les Privat

Rekomendasi ide bisnis yang cocok buat anak kuliahan yang berikutnya adalah dengan membukan tempat atau jasa les privat.

Perkembangan di dunia pendidikan membuat peluang jenis usaha ini semakin meningkat. Anda dapat memanfaatkan kemampuan Anda sebagai mahasiswa untuk mengajarkan pelajaran-pelajaran umum seperti Matematika, Fisika, Kimia, hingga bahasa asing, untuk siswa SD hingga SMA, termasuk materi UN dan UTBK.

Comments