Bisnis: Pengertian, Jenis dan Contohnya

Ketika mendengar kata bisnis, pasti kata “uang” muncul dalam benak Anda. Bisnis memang merupakan kegiatan yang bisa dilakukan perorangan maupun kelompok dalam tujuan mendapatkan keuntungan atau laba.

Kegiatan bisnis melibatkan aktivitas produksi, penjualan, pembelian barang maupun jasa. Proses transaksi jual dan membeli sebuah produk merupakan serangkaian perilaku bisnis yang banyak diterapkan oleh orang-orang di Dunia.

Pengertian Bisnis

Bisnis adalah serangkaian usaha yang dilakukan indvidu maupun kelompok dengan menawarkan produk atau jasa untuk mendapatkan keuntungan.

Sebuah bisnis dapat berjalan lancar, jika mendapat keuntungan dan mempertahankan kelancaran sistem ekonomi.

Dalam arti luas, bisnis adalah istilah umum yang menggambarkan semua aktivitas dan institusi yang memproduksi barang dan jasa dalam kehidupan sehari-hari.

Dapat disimpulkan bahwa bisnis memuat 4 aspek yaitu, menghasilkan barang dan jasa, mendapatkan laba, kegiatan usaha, dan memenuhi kebutuhan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Tujuan Bisnis

Adapun tujuan bisnis adalah untuk menentukan fokus usaha dan memperlancar keuntungan. Berikut ini beberapa tujuan bisnis secara lengkap, simak selengkapnya.

  1. Menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat
  2. Memenuhi kebutuhan hidup dengan sebuah produk dan jasa
  3. Meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat secara umum
  4. Memberikan kesejahteraan bagi para pemilik faktor produksi dan masyarakat
  5. Menjaga Eksistensi perusahaan dalam jangka waktu panjang

Jenis-jenis Bisnis

Jenis-jenis bisnis dapat dibagai berdasarkan kegiatan usahanya. Berikut contoh jenis-jenis bisnis berdasarkan kegiatan usahanya beserta contohnya, simak selengkapnya.

Bisnis Agraris

Jenis bisnis ini adalah bisnis yang paling banyak ditekuni dan ditemukan di Indonesia. Bisnis ini mencakup usaha Pertanian, Perkebunan, Perikanan, Peternakan dan lain sebagainya yang berhubungan dengan Agraris.

Bisnis Industri

Bisnis Industri adalah jenis bisnis yang menghasilkan barang dari pengolahan bahan baku menjadi barang setengah jadi, kemudian diolah lagi menjadi barang jadi.

Contoh usaha dalam jenis bisnis ini adalah penghasil barang rumah tangga, pakaian, spare part, dan lain lain yang bergerak dibidang industri.

Bisnis Perdagangan

Bisnis jenis ini adalah bisnis yang kegiatan utamanya melakukan transaksi jual barang dengan tujuan menghasilkan keuntungan. Uang merupakan alat ukur dalam transaksi jual beli contohnya toko kelontong, kios, agen hingga distributor.

Bisnis Sektor Jasa

Bisnis ini merupakan bisnis yang bergerak dibidang pelayanan. Jenis usaha ini akan memberikan layanan yang dibutuhkan oleh orang lain. Contohnya adalah bimbingan belajar, rumah sakit, transportasi, pelatihan dan lain-lain yang bergerak dibidang  jasa.

Bisnis Sektor Pertambangan

Bisnis Pertambangan merupakan bisnis yang menghasilkan barang yang berasal dari alam. Bisnis jenis ini merupakan usaha yang sangat menguntungkan karena bisa menyumbang pendapatan negara.

Contoh jenis bisnis ini adalah tambang batu bara, emas, minyak bumi, pasir, bebatuan hingga beberapa galian mineral.

Binis Pariwisata

Bisnis Pariwisata adalah usaha yang memanfaatkan alam, tatanan sosial, adat dan kesenian sebagai daya tarik untuk wisatawan.

 

 

Comments